Geliat WKRI Wilayah IV Cabang Mater Dei

Minggu pagi tanggal 6 Maret 2016 pukul 10.00 WIB, Monumen Kresek menjadi saksi atas sebuah peristiwa yang mengharukan sekaligus membanggakan bagi umat di Wilayah IV Gereja Katolik Paroki Mater Dei khususnya bagi ibu-ibu yang tergabung dalam organisasi Wanita Katolik Republik Indonesia (WKRI).Sejak pagi mereka begitu bersemangat seolah berpacu dengan waktu mempersiapkan segala sesuatu di ”pendopo” Monumen Kresek : menggelar tikar, menata meja konsumsi, memasang vandel kebanggaan WKRI, latihan melantunkan lagu ”Mars dan Hymne WKRI”, dlsb.

Ada apa gerangan? Ya, hari itu ibu-ibu WKRI yang sebagian besar mengenakan seragam biru-hitam itu sedang melaksanakan perhelatan dalam acara Pengangkatan Dan Pelantikan Dalam Jabatan Pengurus WKRI Dewan Pengurus Ranting : Santo Yusuf, Santo Gabriel, Santo Sebastiano dan Santa Angela Merici.

Kutipan bacaan yang diambil dari Yeremia 1:6-7 di atas menjadi landasan sepak terjang mereka dalam berkarya melayani Tuhan dan sesama sebagaimana yang diuraikan oleh Ibu Margaretha Catherine Ridadipada saat memberikan renungan. Hal ini juga selaras dengan janji yang mereka ucapkan dalam pelantikan tersebut. Acara diawali dengan ice breaking sebagai ”warm up” berupa senam ringan sambil menyanyikan lagu ”Tangan Kanan Tangan Kiri Mempunyai Jari” dipimpin oleh Ibu Bunga Agnes Sihaloho Tommy Wibowo dan Ibu Margaretha Catherine Ridadi. Pada acara Pembukaan dinyanyikan lagu ”Betapa Hatiku” disusul dengan Doa Pembukaan dan Doa Santa Anna yang dipandu oleh Ibu Yustina Yayuk Supriyadi.

Selanjutnya Pembacaan SK dan Susunan Pengurus oleh Ibu Bernadet Frida Yuniariningsih Seno Budi Santoso, diikuti Pelantikan oleh Ibu Yasinta Titut Miyati Suhardi selaku Ketua Pengurus WKRI Cabang Mater Dei dan dilanjutkan pengucapan Janji Pengurus oleh semua peserta yang dilantik. Yang menarik, kata-kata sambutan dari Dewan Pengurus Ranting yang dilantik diwakilkan kepada anggota termuda, Ibu Fransisca Giovani Raymond GB. Ini dimaksudkan sebagai simbolisasi penyerahan tongkat estafet kepada kaum muda untuk melanjutkan perjuangan suci dalam pelayanan.

Utuk menghilangkan ketegangan, acara diisi dengan Ice Breaking senam ringan sambil menyanyikan lagu ”Kukepak-kepakkan Tanganku” dilanjutkan menyanyikan lagu ”Kusiapkan Hatiku Tuhan” bersama-sama.

Sebagai penguatan dan pemantapan agar lebih bersemangat dalam berkarya, dilaksanakan ibadat sabda dengan membacakan Kitab Yeremia 1:6-7

Pelantikan ditandai dengan Penyerahan SK dan Penyematan PIN WKRI secara simbolik oleh Ketua Pengurus WKRI Cabang Mater Dei yang diwakili masing-masing Ketua Dewan Pengurus Ranting. Acara pelantikan ini diakhiri dengan menyanyikan lagu ”Mars WKRI” dan ”Hymne WKRI” yang dipandu oleh Ibu Bernadetta Siria Hia Gabriel Sunyoto.

Dalam sambutannya, Ketua Pengurus WKRI Cabang Mater Dei menyampaikan terima kasih dan selamat kepada semua Dewan Pengurus Ranting yang baru saja dilantik atas kesediaan mereka untuk bekerja dalam pelayanan. dan renungan singkat oleh Ibu Margaretha Catherine Ridadi sebagaimana kutipan di atas.Dan di ujung acara setelah Doa Penutup yang dipandu oleh Ibu Yustina Harin Surowodiberikan Berkat Penutup oleh Bp. Yonathan Suhardi selaku salah seorang Asisten Imam di Wilayah IV, kemudian diteruskan dengan ramah tamah yang cukup meriah dan akrab. Tampak wajah-wajah sumringah dari semua yang hadir sebagai tanda kesiapan mereka untuk melaksanakan tugas.

Acara berakhir pada pukul 12.00 WIB berlangsung dengan amat sangat lancar berkat kerjasama seluruh peserta pelantikan dibantu beberapa bapak yang bisa menghadiri. Proficiat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *