REORGANISASI MISDINAR GEREJA MATER DEI MADIUN

Kehidupan bermasyarakat tidak luput dari organisasi dari tingkat terendah sampai dengan tingkat dunia. Misdinar atau Putra Putri Altar Gereja Mater Dei merupakan salah satu contoh organisasi terendah, dimana anggotanya berasal dari pemuda pemudi di Gereja Mater Dei. Dalam sebuah organisasi, melakukan reorganisasi merupakan hal yang sangat diperlukan karena dengan reorganisasi akan membuat organisasi tersebut mengalami pembaharuan dan penyempurnaan.

Pengertian dari organisasi adalah suatu kelompok yang terdiri atas dua orang atau lebih yang bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama. Sedangkan pengertian reorganisasi adalah proses pembentukan norma/nilai baru agar terbentuk keserasian dalam tubuh organisasi yang telah mengalami perubahan.

Kali ini saya akan membahas tentang reorganisasi Misdinar/Putra Putri Altar Gereja Mater Dei Madiun. Misdinar atau Putra Putri Altar merupakan sekelompok remaja Katolik yang berjiwa penuh pengabdian, tanpa pamrih, menyediakan dirinya dengan rela untuk melayani Gereja dalam Ibadat atau Kebaktian Liturgis, khusunya dalam Perayaan Ekaristi. Antara Misdinar dan Putra Putri Altar sebenarnya memiliki arti yang sama, hanya beda istilah saja. Di luar negeri pun istilahnya lain lagi. Di Indonesia, yang sering kita jumpai adalah: Putra Putri Altar merupakan istilah Indonesia, sedangkan Misdinar merupakan istilah Belanda. Misdinar bertujuan selain membantu dalam perayaan ekaristi juga untuk memperkuat iman pribadi dalam kegiatan-kegiatan pengembangan pribadi seperti LDK (Latihan Dasar Kepemimpinan), Retret, Out Bond, dan tidak lupa Wisata Rohani. Tentu saja organisasi Misdinar tidak kalah maju dan pentingnya bagi muda mudi dalam pengembangan iman Katolik.

Pada tanggal 31 Januari 2016 yang bertempat di Gereja Mater Dei, kami para anggota Misdinar Mater Dei mengadakan pertemuan. Pertemuan tersebut dilaksanakan dalam rangka reorganiasi atau pemilihan ketua dan pengurus baru yang akan menggantikan pengurus lama. Alasan dilaksanakan reorganisasi Misdinar ini karena Mas Valent, ketua Misdinar kami akan melanjutkan sekolah di Jepang. Kami merasa bangga karena ada salah satu anggota Misdinar Mater Dei yang berhasil lolos untuk melanjutkan sekolah ke Jepang dan kami berharap ada anggota-anggota Misdinar lainnya yang mengikuti jejak Mas Valent.

Dalam proses pemilihan ketua dan pengurus baru, kami mengajukan 3 nama anggota Misdinar untuk dipilih menjadi ketua yaitu Andro, Hendi dan Yoyo. Pemilihan ketua dilaksanakan dengan sistem pemungutan suara langsung, dan tenyata Andro yang terpilih menjadi ketua Misdinar yang baru menggantikan Mas Valent karena Andro mendapatkan suara terbanyak. Setelah kami mendapat ketua maka kami lanjutkan dengan memilih pengurus lainnya disesuaikan dengan perolehan suara yang mereka dapat. Hasilnya adalah Hendi sebagai wakil ketua, Gita sebagai sekretaris, Yaya dan Yoyo sebagai bendahara. Itulah hasil pemilihan pengurus baru kami dan kami berharap dengan terpilihnya pengurus baru tersebut, organisasi Misdinar kami memiliki warna baru dan menjadi lebih baik.

Setelah pemilihan ketua baru selesai dilaksanakan maka dilanjutkan dengan pengarahan yang disampaikan oleh Om Agung selaku pembina kami. Om Agung menyampaikan beberapa hal diantaranya adalah bagaimana sikap Misdinar di atas altar, tentang kedisiplinan saat Misdinar dan lain sebagainya. Setelah Om Agung selesai memberikan pengarahan maka dilanjutkan dengan kolekte. Puji Tuhan, hasil kolekte cukup banyak, ini membuktikan bahwa para Misdinar Mater Dei memahami pentingnya persembahan dalam setiap kegiatan di gereja dan menggambarkan bahwa kami selalu kompak.

Akhir dari kegiatan kami ini adalah dengan makan snack bersama sambil mengobrol tentang rencana apa saja yang akan kami buat nanti. Acara pertemuan tersebut sangat sederhana namun penuh makna, rasa persaudaraan kami sangat kuat. Semoga pertemuan selanjutnya bisa lebih memperkuat persaudaraan para Misdinar Mater Dei Madiun dan lebih kompak lagi. Sekian….(GARCINIA ORCIELA PANDUWAL/SMPK St. YUSUF MADIUN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *