7 DIAKON BARU UNTUK KEUSKUPAN SURABAYA

482519_152316298260446_1882032612_nOleh: Prima _ Inter Nos

 Jumat, 22 Februari 2013 adalah hari yang begitu indah, langka, dan menarik bagi Umat Katolik keuskupan Surabaya, khususnya bagi mereka yang berdomisili di Madiun dan sekitarnya. Di senja yang diwarnai dengan jingga mudanya itu telah terlaksana serangkaian upacara liturgi tahbisan  Diakon untuk Keuskupan Surabaya, tepatnya di Gereja Paroki St. Cornelius, Madiun. Ini adalah kali pertama tahbisan Diakon Keuskupan Surabaya yang diselenggarakan  di Paroki St. Cornelius.

Tepat pada pukul 17.00 WIB Upacara Tahbisan Diakon Keuskupan Surabaya dimulai; dipimpin oleh   Bapak Uskup, Mgr Vincentius Sutikno Wisaksono, didampingi oleh Romo kepala paroki St. Cornelius, Romo Fusi Nusantoro, dan Romo Yoh. Patmana Hapsara Jelantik, yang akrab dipanggil ‘Romo Jelantik’. Upacara Tahbisan tersebut dihadiri juga oleh para Romo  yang berkarya di Keuskupan Surabaya, kurang lebih sekitar 40 Romo hadir dalam Perayaan Tahbisan tersebut; serta para Frater Keuskupan Surabaya yang dengan bangga hadir untuk ikut serta mendukung dan menyaksikan Upacara Tahbisan tersebut. Ada tujuh frater diosis yang telah menerima tahbisan diakon petang itu: 2 dari Ngawi, 3 dari Blitar,  sedangkan yang  dari Surabaya dan Mojokerto masing-masing 1. Para Diakon yang ditahbisakan tersebut adalah :

  1. Fr. ANTONIUS IWAN SETYABUDI (St. Yusup, Blitar)
  2. Fr. ANTONIUS PURI ANGGORO (St. Yosef, Ngawi)
  3. Fr. ANTONIUS YANUARDI HENDRO WIBOWO (………)
  4. Fr. Aloysius Widya Yanuar Nugraha (St. Petrus & Paulus, Wlingi)
  5. Fr. AGUSTINUS KURNIA WIJAYANTO (St. Yosef, Ngawi)
  6. Fr. YOSEPH INDRA KUSUMA (St. Yosef, Mojokerto)
  7. Fr. Paulus Febrianto (Roh Kudus, Surabaya)

 

Menarik dan indah ketika suasana meriah petang itu dihiasi oleh titik hujan, seakan langit ikut memeriahkan Upacara Tahbisan tersebut di dunia yang berbeda. Keindahan langit begitu tampak ketika Upacara Tahbisan Diakon tersebut diselenggarakan secara istimewa di gereja Paroki St. Cornelius. Hal ini membuat umat semakin dekat dengan makna dan arti tahbisan itu sendiri, sehingga umat mampu memaknai arti “panggilan”. Tak terkira banyaknya umat yang penuh antusias hadir, menyaksikan, dan memenuhi gereja maupun halaman gereja St. Cornelius.

Suasana penuh haru dan senyum bangga begitu tampak ketika para keluarga Diakon menyaksikan berlangsungnya Upacara Tahbisan tersebut. Tidak jarang peluh penuh makna turut serta hadir menghiasi suasana malam itu.

Upacara liturgi yang berakhir tepat pada pukul 19.00 WIB tersebut dibungkus begitu “manis” ketika para Diakon menyambut para Umat di pintu keluar gereja Cornelius serta dilengkapi dengan santap malam bersama serta pesta penutup yang disajikan begitu “mengesankan”. Tawa dan haru menjadi kesan terindah pada malam itu, meskipun hujan mengguyur namun suasana “hangat” tetap tercipta di tengah para Romo, para Diakon, Frater, Suster dan Umat yang berhimpun di sekitar gereja dan pastoran.

Tidak jarang kita mendengar kata “panggilan” namun belum kita mengerti apa makna sesungguhnya dari panggilan itu sendiri. Setiap orang mempunyai panggilan hidup masing-masing, termasuk panggilan untuk merasul. Panggilan hendaknya tidak hanya didengar saja, namun harapannya kita mampu merasakan dan memaknai panggilan tersebut agar menjadi sesuatu yang benar-benar memiliki makna yang mendalam. Mampu untuk mendengar, meraskan, serta memaknai suatu panggilan adalah suatu bentuk memberi jawaban positif terhadap panggilan Allah. Dan ketika kita mampu menjawab panggilan Allah dengan “YA”, maka kita telah mengikuti jalan-Nya dan menjadi perpanjangan tangan Gereja di masa mendatang yang lebih baik.

Semoga Tahbisan Diakon yang telah berlangsung tersebut menggerakkan hati dan akal budi kita untuk semakin menghayati hidup beriman akan Allah, serta semakin banyak para pemuda kita yang tersentuh hatinya untuk turut serta terlibat dalam karya Gereja, yang salah satunya dengan menghayati panggilannya dan memberi diri untuk panggilan imamat suci. Pro Ecclesia et Patria!!

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>